Kamis, 28 Desember 2017

Bagaimana Mengajar Anak-anak dengan Alquran

Salah satu warisan paling menguntungkan yang bisa ditinggalkan oleh orang tua Muslim untuk anak mereka, adalah untuk memfasilitasi hubungan mereka dengan Al Qur'an sejak kecil, sedemikian rupa sehingga mengarah pada hati yang melekat pada Al Qur'an. 'an, lidah yang membacanya - dengan benar dan melodi - dengan cairan yang mudah, dan jiwa yang memacu koneksi sehari-hari dengannya - - semuanya, untuk lebih dekat kepada Allah.

Mengajari anak-anak kecil bagaimana memulai membaca al-Qur'an adalah konsep yang rumit (dan sering disalahpahami), dan didekati dengan cara yang agak tidak bijaksana dan terburu-buru, terutama di kalangan kebanyakan orang Asia Selatan non-Arab (India dan Pakistan).

Hal ini sering diimplementasikan sesuai dengan strategi yang berujung pada anak-anak Muslim secara bertahap kehilangan kontak dengan bacaan bahasa Arab Alquran saat mereka bertambah tua dan memulai kehidupan praktis, setelah mencapai usia pubertas. Ketika studi, perkawinan, dan karir yang lebih tinggi memasuki gambar, orang dewasa muda Muslim merasa sulit untuk dengan sukarela, benar, dan dengan berbuah membaca dua halaman Alquran setiap hari, apalagi dengan kepatuhan yang ketat terhadap peraturan pembacaannya, dalam refleksi yang berasal dari minat yang tulus, dan pemahaman sepintas tentang kata-kata Arab Ilahi yang mengarah pada tindakan benar.

Apa yang saya perhatikan pada orang dewasa di sekitar saya, yang kebanyakan adalah Muslim kelahiran (non-Arab), adalah bahwa mereka berjuang sepanjang hidup mereka untuk mengucapkan dengan benar / melafalkan kata-kata Arab Alquran, secara berirama. Mereka juga berjuang untuk menerapkan perintah Alquran secara praktis dalam kehidupan praktis (domestik dan profesional) mereka (dan ya, dan maksud saya adalah perintah wajib, bukan perintah yang lebih supervisi).

Iman Murni, Keyakinan, & Niat: Bahan Ajar Pembelajaran Alquran
Bagaimana orang dewasa harus menjalani proses ini, yaitu mencoba untuk belajar bagaimana membaca Alquran dan bagaimana cara mengajar anak-anak mereka untuk melakukannya juga, dan seberapa cepat mereka akan menemukan kesuksesan dalam usaha mereka, bergantung pada kepercayaan yang mereka miliki tentang Al Qur'an di dalam hati mereka. Selain itu, ini juga akan bergantung pada visi yang ada dalam pikiran mereka sebagai hasil yang diinginkan dari keseluruhan latihan.

Anda tahu, ada beberapa cara yang bisa dan bisa dilakukan oleh seorang Muslim untuk terhubung dengan "teks" al-Qur'an berbahasa Arab. Kita harus ingat, bagaimanapun, bahwa "teks" ini, yang sekarang kita pegang dalam bentuk buku yang terikat, adalah dan sebenarnya adalah firman yang diucapkan Allah.

Alquran diwahyukan oleh malaikat agung Jibril di atas hati Nabi Muhammad ﷺ dalam bentuk kata-kata yang dapat didengar, yang kemudian dihafalkan dan diulang ke teman-temannya, yang juga menghafal mereka.

Selama bertahun-tahun, hal itu diulang seperti ini kepada orang lain, yaitu kata demi kata, yang mendengarkannya dengan penuh perhatian, mengingat kata-kata suci, lalu mengulanginya dalam doa-doa mereka. Alquran adalah sebuah kalam yang sangat menggetarkan, puitis yang meneriakkan hati dan jiwa orang-orang yang mendengarkannya dengan penuh perhatian dan memahami maknanya.

Pertanyaan yang tersisa bagi kita, adalah: bagaimana mungkin bagi seorang Muslim non-Arab untuk bisa membaca Alquran dengan benar?

Jawabannya adalah: ini adalah kebutuhan mutlak jika mereka ingin mendekat secara eksponensial kepada Allah sepanjang hidup mereka, dan untuk merasakan manisnya iman semakin banyak, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun, hubungan yang dimiliki seorang Muslim dengan teks Arab Alquran, seharusnya tidak terbatas hanya bisa membacanya dan membacanya dengan benar. Ini juga harus disertai dengan maksud untuk memahami kata-kata bahasa Arab Alquran secara langsung, dan untuk menggunakan pemahaman tentang kata-kata ini untuk bimbingan pribadi yang mengarah pada melakukan perbuatan yang lebih baik dan semakin dekat dengan Allah selama kehidupan ini. dunia (bukan untuk keuntungan duniawi lainnya, termasuk pujian, kekaguman, dan pengakuan dari orang-orang).

Sekarang, bagaimana seseorang membahas hal-hal di atas, adalah sesuatu yang memerlukan analisis lebih dalam. Jadi, saya akan menyarankan strategi multi tahap tentang bagaimana seorang anak harus diperkenalkan dengan Alquran, dengan penekanan mendalam untuk melakukannya secara bertahap dan bertahap, didorong oleh minat dan kemampuan yang tulus (yang bervariasi dari anak ke anak).

Ini karena, saya berpikir bahwa seorang anak yang belum belajar membaca dan membaca Alquran, tidak jauh berbeda dengan orang dewasa yang ingin melakukan hal yang sama yaitu seorang Muslim dewasa yang telah hanyut dari Al Qur'an 'a (setelah dipaksa mengajarkan cara membaca teksnya selama masa kanak-kanak) dan ingin kembali.

Satu-satunya perbedaan antara keduanya - dan Allah tahu yang terbaik - mungkin pengakuan mereka terhadap huruf Arab dan konsonan mereka, dan fonetik dasar bahasa Arab (lebih pada akhir tulisan ini).

Jadi ini dia.

Pada titik ini, saya pikir akan sangat membantu jika Anda membaca artikel saya: Tentukan "Visi Alquran" untuk Keluarga Anda. Serius, lakukan terus dan bacalah untuk menentukan apa sebenarnya yang Anda bayangkan untuk diri Anda dan keluarga Anda mengenai Alquran, di masa depan.

Karena, seperti yang saya katakan, penglihatan yang salah berdasarkan tipu muslihat, niat duniawi (terutama, pamer) tidak akan menghasilkan hasil yang bertahan lama dan bermanfaat secara permanen.

Kemudian, Anda harus terus membaca posting ini, di bawah ini:

Mendengarkan: Awal
Dalam Al Qur'an sendiri, Allah telah berkali-kali menyebutkan bagaimana mendengarkan pembacaan firman-Nya yang diberkati, dengan hati yang hadir dan memusatkan perhatian padanya, dan gangguan dan kebisingan lainnya, memiliki efek mendalam pada seseorang.

Juga - dan perhatikan hal ini dengan sangat hati-hati - pendengaran yang cermat dari pembacaan Alquran ini harus dilakukan dengan seorang ahli, ahli waris yang benar, dan yang sadar Allah, yang mengerti apa yang dia baca, dan merasakan efeknya. dari kata-kata di hati mereka

Sedihnya, praktik ini, mendengarkan dengan saksama dan penuh perhatian pada Alquran yang dibacakan dengan keras oleh seorang pembalas yang benar yang mengerti apa yang mereka ucapkan, dan membacanya tanpa membuat kesalahan besar, sangat dirusak hari ini.

Bahkan ketika seseorang mendengarkan pembacaan Alquran, mereka memperlakukannya lebih seperti suara 'pengisi' latar belakang, atau menaruhnya hanya untuk menerima berkah di rumah mereka, atau dalam usaha mereka / sarana penyediaan penghasilan. Mereka juga mungkin berbicara dengan orang lain saat Alquran dimainkan dengan keras (misalnya di CD). Semua ini meruntuhkan efek positif dari Al Qur'an di dalam hati mereka.

Umat ​​Muslim harus percaya bahwa Alquran diturunkan dalam bahasa Arab karena alasan yang bagus; bahwa itu adalah kata yang diucapkan Arab bahwa Allah telah mempermudah mereka untuk mengerti, seperti yang Dia sendiri katakan demikian di dalam Al Qur'an; dan jika seseorang (bahkan orang non-Arab) akan dengan penuh perhatian mendengarkan Al Qur'an yang dibacakan, tanpa terganggu, dengan penuh perhatian pada kata-kata Ilahi, ini akan membantu mereka untuk memahaminya, menyerapnya di dalam hati mereka, dan akhirnya, untuk terhubung dengan Allah melalui itu.

Inilah cara yang paling berguna dan bermanfaat untuk memulai anak-anak dalam perjalanan belajar Al Qur'an, yaitu membaca, memahami, membaca, dan menghafal (dan tidak dalam urutan tertentu). Seorang manusia harus dibuat untuk mendengarkan Al Qur'an sementara mereka hanyalah embrio di rahim ibunya. Saat embrio berkembang di dalam rahimnya mengembangkan sistem pendengarannya (telinga), sang ibu harus membuatnya mendengarkan Alquran. Hal ini terjadi saat dia memasuki bulan ke 4 kehamilannya, kurang lebih.

Jika Anda ingin strategi ini berhasil, Anda tidak dapat membiarkan pengaruh buruk lainnya menetes ke dalam kehidupan anak Anda yang tidak berdosa, bersama dengan yang positif. Di sebagian besar rumah, anak-anak mendengarkan program "laghw" di televisi tidak lama setelah kelas Qur'an mereka sehari-hari dengan maulvi / qari sahib berakhir. Ini sangat merusak (atau bahkan mengalahkan) efek positif Alquran di atas hati seseorang (bahkan orang dewasa).

Saran saya: sampai usia 7-10, simpan semua jenis musik (bahkan nasheeds halal), permainan video, kartun, TV, dan film dari anak Anda, dan paparkan mereka (siang dan malam) hanya dengan pembacaan Al Qur'an 'sebuah.

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, ya, tapi sama sekali tidak mungkin. Berhentilah merengek tentang tidak memiliki kendali atas tarbiyah (pembinaan karakter moral) anak-anak Anda, dan ambillah pendirian yang tegas dan sopan untuk itu.

Selain itu, tegakkan aturan keheningan mutlak saat Al Qur'an sedang dibacakan. Anak-anak muda memilih peraturan ini dan bertindak dengan sangat cepat. Anak-anak Anda - menjadi anak suci yang murni dan murni, dengan hati yang murni yang berada di atas fitrah (dispositon alami) - akan segera tidak hanya senang mendengar Al Qur'an, tapi juga dengan tergesa-gesa dapat menghafalnya tanpa sadar). Ini karena hati mereka yang murni dan tanpa dosa menyerap Alquran lebih cepat daripada yang dilakukan orang dewasa.

Jangan biarkan anak-anak yang lebih muda (usia 0 sampai 7) bermain dengan mainan atau melakukan aktivitas lain saat Alquran diputar keras, meskipun (seperti bangunan atau pewarnaan). Mereka terlalu muda untuk duduk diam, apalagi memperhatikan terus-menerus. Jadi, biarkan mereka melakukan sesuatu yang lain, asalkan mereka melakukannya dengan tenang.

Penghafalan dan Pembacaan Alami (Pengulangan Apa yang Mendengar)

Anak-anak yang telah dibuat untuk mendengarkan Al Qur'an sejak awal, akhirnya mulai membaca apa yang telah mereka dengar ... dan coba tebak? Mereka membacanya persis (dan maksud saya persis) cara mereka mendengarnya dibacakan.

Mereka bahkan akan berhenti sejenak di tempat yang tepat di mana si penanya berhenti sejenak, ulangi bagian dari ayat-ayat yang diulang berulang, dan tekankan dengan suara nyaring dengan kata-kata yang sama yang ditegaskan oleh pembaca dengan suara yang lebih keras!

Sungguh menakjubkan!

Namun, ada selang waktu antara saat anak mulai mendengarkan Alquran, dan saat mereka memperbanyaknya dalam bahasa lidah mereka.

Inilah yang saya perhatikan dengan masing-masing dari ketiga anak saya yaitu mereka akan mendengarkan (dan dengan tenang menyerap) kata-kata Tuhan dari Allah setiap hari, selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan beberapa tahun, sebelum mereka mulai memperbanyaknya secara verbal.

Interval ini bervariasi sesuai dengan sistem pengembangan bawaan masing-masing anak. Jadi, jangan cepat-cepat mempercepatnya atau tidak sabar dengan kemajuan mereka. Biarkan setiap anak terhubung dengan kata-kata indah Allah dengan kecepatan mereka sendiri, dan sesuai dengan kepentingan mereka sendiri. Setiap anak berbeda.

Terakhir, jangan menahan diri untuk tidak membuat anak Anda membaca Al Qur'an di depan orang lain dengan tujuan untuk mengumpulkan pujian dan kekaguman. Anak kecil yang tidak berdosa yang mengasosiasikan pembacaan al-Qur'an mereka dengan penerimaan pujian / kekaguman dari orang-orang, tidak akan terlalu jauh dalam bertindak berdasarkan Al-Qur'an dalam kehidupan orang dewasa, kecuali jika mereka bertobat dan memeriksa diri mereka sendiri pada waktunya.

Jadi, hati-hati. Jangan gunakan pemahaman awal dan kuat anak Anda tentang Alquran sebagai sarana untuk memperoleh dorongan ego sebagai orang tua mereka.

Mendengarkan Gabungan Dengan Membaca Tekstual

Akhirnya, kita sampai pada penulisan naskah / teks al-Qur'an: Hasil yang banyak didambakan kita semua mencari anak-anak kita, secepat mungkin.

Harap ingat urutan belajar berikut bahwa setiap anak manusia mengikuti sejauh mempelajari bahasa yang bersangkutan:

  • Mendengarkan
  • Mereproduksi (yaitu berbicara secara lisan)
  • Membaca (simbol / huruf / naskah)
  • Menulis (menggunakan tangan)

Ya. Tidak melebih-lebihkan hal ini sama sekali!

Mereka benar-benar ingin mengambil dan membaca tulisan suci yang diberkati bahwa mereka telah mendengarkan dan menyerap sejak bertahun-tahun, yang sangat melekat pada hati mereka. Kata-kata yang bergema dan bergerak dalam otak mereka, dan pada lidah mereka, siang dan malam.

Ini akan terjadi pada usia yang berbeda untuk anak-anak yang berbeda. Beberapa mungkin menjemput mushaf lebih cepat, yang lain nanti. Tapi itu akan terjadi.

Sama seperti penulisan dan pengikatan Alquran adalah tahap terakhir dalam pelestarian Alquran selama generasi pertama umat Islam (yang pertama adalah pembacaan verbal, hafalan, dan pengulangannya dalam doa), Allah juga akan membuat Anak Anda tertarik pada teks Qur'an yang ditulis / dicetak setelah mereka mendengarkannya dan mengulanginya secara verbal selama beberapa tahun.

Mata mereka akan mencari huruf-huruf Arab yang indah yang digabungkan di atas kertas untuk membentuk kata-kata indah yang beresonansi di otak mereka, tersembunyi di dalam hati mereka, dan meluncur begitu indah dari lidah mereka dengan cara yang begitu jelas dan vokal.

Anak-anak mencintai Alquran! Bila tidak dipaksa, seorang anak yang telah mendengarkan dengan saksama selama bertahun-tahun kepada Alquran yang dibacakan oleh seorang pembalas yang benar yang mengerti, dan terpengaruh oleh, kata-kata yang dia ucapkan, akan condong ke arah Al Qur'an dan bacaannya tentang cara madu memanfaatkan gravitasi menghasilkan nektar.

Sekarang, inilah saat Anda mengenalkan mereka pada praktik membaca Alquran, dengan meminta mereka untuk mematuhi metode sederhana berikut ini:

  • Biarkan orang yang lebih tua (misalnya Anda, ibu mereka) membacakan porsi tertentu dari Alquran, sementara anak itu membuka bagian itu di mushaf sebelum mereka. Ingat satu hal yang sangat penting mengenai hal ini yang telah saya sebutkan di atas: anak seharusnya hanya dibuat untuk mendengarkan Alquran yang dibacakan oleh orang yang mengerti apa yang sedang dia ucapkan.
Jadi jika Anda, atau maulvi sahib mereka, tidak mengerti bahasa Arab Alquran secara langsung, juga tidak menyentuh hati mereka sementara mereka membacanya, saya akan menyarankan agar Anda menggunakan audio / CD pembacaan salah satu dari yang lebih pembatalan yang kredibel dan terkenal di dunia saat ini, yang hatinya bergetar dengan efek kata-kata indah Alquran, saat mereka membaca. Syekh Abdur Rahman Al-Sudais adalah favorit kami. Sheikh Mishary Rashid Al-Afasy juga sangat populer di kalangan anak-anak.

  • Minta anak itu untuk meletakkan jari pada kata-kata dalam teks mushaf saat pembacaan / Qari membacakannya. Jika anak tersebut telah dikenalkan dengan huruf Arab dari alfabet (ini dijelaskan lebih lanjut, di bawah judul di bawah), tidak akan lama sebelum mereka mengambil kata-kata yang benar dalam teks saat dibaca. Artinya, mereka akan tahu mana kata mana.
Dan itu dia! Tidak akan lama sebelum anak mereka membaca Alquran sendiri! Tanpa dipaksa, dengan pengucapan yang benar dari kata-kata Arab. Insya Allah.

Kapan mengenalkan surat ?

Seorang anak harus diperkenalkan dengan bentuk / simbol huruf dalam alfabet Arab dan suara mereka yang benar (fonetik) pada rentang usia 2 sampai 7 tahun.

Seberapa cepat mereka secara efektif menjemput mereka dan belajar untuk mengidentifikasi setiap huruf dengan benar, merupakan tonggak sejarah yang akan bervariasi dari anak dan anak. Kuncinya adalah mengenalkannya pada huruf Arab dan fonetik dengan cara yang lamban, bertahap, menyenangkan, dan tidak beraturan, lebih disukai dalam bentuk permainan.

Saya telah menemukan huruf-huruf Arab magnetik yang melekat pada lemari es sebagai cara yang bagus untuk menggabungkan pembelajaran awal dengan menyenangkan. Seorang anak akan terus melihat surat-surat ini di lemari es - dan memindahkan mereka ke sekitar untuk membentuk kata-kata, karena mereka bertambah tua - setiap kali mereka masuk ke dapur untuk makan atau minum sesuatu (yang mereka lakukan banyak). Belajar akan terlena dan tidak sadar, dan juga taktil / kinestetik (saat huruf dipindahkan).

Namun, perlu diingat, alfabet dan naskah Arab dan Urdu (dua bahasa yang memiliki banyak kesamaan huruf, - dengan bahasa Urdu lagi) tidak semudah yang dipahami anak kecil sebagai bahasa Inggris, apakah kita berbicara tentang individu huruf, atau yang lebih besar, 2-5 kata huruf (untuk membentuk yang mana huruf-huruf ini digabungkan).

Hal ini terutama karena huruf Arab / Urdu mengubah bentuknya saat digabungkan menjadi kata-kata.

Anak-anak yang berbeda menunjukkan minat untuk belajar huruf Arab dan fonetik pada usia yang berbeda. Kuncinya adalah mengenalkan mereka pada huruf-huruf ini secara perlahan dan bertahap, membuat prosesnya menyenangkan dan mudah.

Dan sangat penting bahwa orang yang mengenalkannya pada huruf Arab (dan konsonan), mengucapkan fonetik dengan benar.

Jika tidak, begitu anak mencapai masa dewasa, akan sangat sulit bagi mereka untuk belajar mengucapkan huruf yang lebih sulit (seperti ط - 'tuaa') dengan fonik mereka yang benar (makhraj).

Berbicara dari pengalaman pribadi.

Kesimpulan
Kunci untuk "membuat" seorang anak belajar membaca, membaca, memahami, dan bertindak berdasarkan Alquran, terletak pada membuat mereka menyukainya terlebih dahulu.

Mereka harus percaya pada hati mereka - tanpa bayangan keraguan - bahwa itu adalah firman Tuhan Allah. Mereka harus dijauhkan dari pengaruh negatif dan hiburan laghw agar bisa terhubung dan menyerap Al Qur'an secara mendalam.

Bila seorang anak yang telah bisa terhubung dengan Al Qur'an dengan saksama seperti ini sepanjang masa kecil mereka menjadi orang dewasa, hanya masalah waktu sebelum mereka - dengan kemauan dan pertolongan Allah - dapat mencari sumber daya dan Orang-orang perlu untuk membantu mereka lebih memahami Alquran, dan bertindak atasnya.

Ingat satu hal terakhir: di era pendahulunya yang saleh, anak-anak Muslim hanya diajarkan Al Qur'an selama masa kanak-kanak mereka, sebelum diizinkan untuk beralih ke cabang pengetahuan (agama dan duniawi lainnya).

https://sadaffarooqi.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers