Minggu, 24 Desember 2017

9 Profesi yang Bisa Kamu Tekuni Dalam Industri Game

Kamu punya hobi main game sampai kecanduan? Kalo iya jangan sia-siakan lho, soalnya DG Friends bisa banget hasilin uang bahkan jadiin karir untuk masa depanmu. Kamu bisa menggabungkan keahlian kamu di bidang lain dengan hobi nge-game kamu. Nggak percaya, ini 9 profesi yang menjanjikan untuk kamu pecinta game, Check this out!

1. Ilustrator

Sumber: keizertimes.net

Ilustrator ini kerjanya bikin ilustrasi gambar di dalam game. Karena setiap perusahaan video game pasti membutuhkan desainer untuk menciptakan karakter-karakter yang mendukung sebuah permainan. Jika kamu seorang yang gemar bermain video game dan juga menggambar, tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan menjadi ilustrator di perusahaan video game

2. Music Programmer

Sumber: pro.harman.com

Game tanpa musik itu pasti kurang menarik. Karena musik dapat membantu membangun sebuah cerita dalam sebuah game. Maka dari itu, seorang music programmer dituntut untuk dapat menciptakan musik, dan memberikan efek suara yang pas dalam permainan. Profesi ini memang membutuhkan ide-ide brilian untuk menciptakan nada-nada baru. Jika kamu memiliki antusiasme di bidang musik dan video game, kamu wajib menjajal profesi ini. Kabarnya seorang music programmer bisa memiliki pendapatan 1 miliar lebih per tahun.

3. Game Programmer

Sumber: degreequery.com

Udah hobi nge-game bisa coding juga, cocok banget deh sama profesi ini. Game progammer adalah salah satu karir yang nggak boleh kamu lewatkan peruntungannya. Jika ilustrator menciptakan karakter, maka, game programmer memastikan kalau sang karakter yang diciptakan bisa berjalan dengan baik dari berbagai aspek dalam game-nya.

4. Game Designer

Sumber: broadstudy.net

Kalau nggak bisa coding dan seni, tapi kamu pencinta game, mungkin kamu bisa cobain profesi yang ini. Game designer sama sekali nggak ada hubungannya sama coding, soalnya game designer ini bertugas merancang gameplay atau sistem dari sebuah permainan. Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya, deskripsi, tujuan dari game, alur cerita dari game, hingga merancang tiap level dari sebuah game. Gampangnya sih, game designer ini memberikan ide untuk menggambarkan karakter, lingkungan, dan visi misi dari permainan yang akan diciptakan.

5. Game Producer

Sumber: iresearchnet.com

Kamu yang paham dan ngeri tentang manajemen dan keuangan, sangat cocok untuk menjadi profesi ini. Sebagai produser game, kamu memiliki keterlibatan dalam urusan anggaran, manajemen proyek, dan promosi. Game producer bisa dibilang bos-nya perusahaan game, karena kamu sebagai yang empunya anggaran, adalah orang yang paling punya kuasa dalam proyek pembuatan game.

6. Marketing Game

Sumber: amazonaws.com

Sebuah game yang dibuat pasti perlu dipromosikan untuk mendatangkan penghasilan dong. Nah, bagi kalian yang jago banget jualan dan promosi bisa nih coba profesi ini. Kabarnya sih, seorang marketing game punya penghasilan yang fantastis juga kok apalagi kalau sampai game yang dipromosikan bisa kejual ratusan, ribuan, hingga jutaan kopi. Wih berapa tuh kira-kira komisi yang bisa didapatkan!

7. Moderator Game

Sumber: 7tedgames.com

Kamu yang aktif banget di komunitas game atau forum-forum game wajib mencoba profesi ini, karena profesi ini mungkin cocok banget untuk kamu.  Seorang moderator game atau biasa juga disebut Gamemaster merupakan perwakilan dari game tersebut, baik sebagai moderator di dalam game, Facebook group, sosial media, sampai forum. Dan tidak jarang punya tingkat stres yang tinggi, karena moderator merupakan tameng dari perusahaan saat si pemain marah atau ketika kena ban. Tapi asyiknya sih, moderator game itu punya peranan penting untuk menjaga game-nya berjalan sesuai peraturan. Jadi moderator game ini juga nggak perlu ijazah atau sertifikat keahlian khusus, kamu cukup berbekalkan pengalaman nge-game yang mumpuni.

8. Quality Assurance (QA)

Sumber: internapcdn.net

Punya kemampuan di bidang programming atau coding dan mencintai game, ada alternatif lain nih selain jadi game programmer. Quality Assurance bertugas untuk mengecek atau tes kualitas game yang sedang dikembangkan. Apakah game tersebut ada bug-nya atau nggak, apakah feel game-nya sudah pas, apakah game-nya sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh game designer, game producer, dan juga pasar. Semua data yang dikumpulkan oleh QA saat tes akan dikembalikan kepada tim development agar game-nya dapat diperbaiki dan dibuat lebih baik lagi.

9. Professional Gamer

Sumber: hongkiat.com

Cuma senang main game-nya, dan tidak suka bekerja di belakang layar? Profesional gamer adalah profesi yang sempurna buat kamu. Kamu bisa memulainya dengan cara bergabung dalam sebuah klub game, ataupun secara independen. Dan yang penting jangan cuma berani di “kandang” doang. Jadi profesional gamer harus berani coba berbagai kompetisi, bahkan kalau perlu mengikuti kompetisi setingkat mancanegara. Yang pasti naikkan ranking dan skill kamu setinggi mungkin. Bukan tidak mungkin kalau suatu saat kemampuanmu bakal dilirik tim profesional dan direkrut dengan gaji puluhan juta per bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers