Jumat, 03 November 2017

3 Cara Simple Boot Windows 10 Safe Mode

Kalau di Linux lebih akrab disebut "Recovery mode", di Windows dinamakan "Safe Mode". Beda dengan Linux, yang biasanya user masuk ke recovery mode karena habis ngutak-ngatik kernel/filesystem secara manual lalu crash, di Windows biasanya karena Virus yang bikin jengkel dan mem-blokir akses masuk ke Windows, atau mungkin menghapus file penting Windows sehinga crash. 

   Pada kali ini, saya mau share beberapa cara agar kita bisa masuk ke Safe Mode Windows 10. Berbeda dengan Windows 7, yang dengan klik F8 saja sudah masuk ke menu safe mode, di Windows 10 berapa kalipun anda klik tombol F8 tidak akan muncul menu tersebut, memang caranya berbeda.

  1. Lewat pengaturan msconfig.
   Nah, cara pertama dengan membuka msconfig, lalu memberi centang pada safe bootminimal. Untuk membuka msconfig, anda tinggal klik Start, lalu ketik msconfig untuk mencari. Klik kanan, lalu pilih run as administrator.

Klik kanan pada SystemConfiguration > Run as administrator.

   Setelah jendela msconfig terbuka, klik tabulasi boot, centang safe bootminimal.



     Apply, Restart komputer anda.


     2. Tidak bisa login ke Windows 10 dan stuck di login screen? Tekan Tombol Shift sekaligus klik pilihan restart di login screen bagian pojok kanan bawah.

   Jika tidak bisa masuk ke Desktop/stuck di login screen Windows 10, anda bisa masuk Safe Mode dengan cara klik Shift bersamaan dengan klik Restart. Pada saat boot setelah restart, akan muncul layar menu berwarna biru, pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup settings > klik Restart.



     3. Tidak bisa masuk ke Windows 10 sama sekali? Coba trik ini: Gagalkan secara manual booting windows, dengan cara hard-reset (menekan tombol shutdown pada casing CPU) pada saat windows 10 loading. Lakukan ini 3 kali sehari, saat komputer nyala ke-empat kalinya, otomatis akan diarahkan ke menu pilihan biru tadi.


     Mudah bukan, untuk mengakses Safe Mode di Windows 10? Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers