Senin, 02 Oktober 2017

Ingin Punya PC Rakitan? Berikut Daftar Spesifikasi Dan Hal Yang Harus Anda Ketahui

Pembaca khususnya Gamers dan Riggers, kali ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman saya mengenai dunia seputar PC Assembling, bukan tutorial How To ataupun step-by-step nya, saya akan sedikit membahas apa yang harus anda ketahui, khususnya bagi yang ingin membeli/merakit PC rakitan untuk pertama kali, dalam memilih spesifikasi yang cocok dan tidak menyesal nantinya, entah itu dari segi harga, daya listrik, performa, dan lain seterusnya. Oh ya, tak lupa saya akan memberi anda beberapa daftar spesifikasi PC rakitan beserta harga untuk mempermudah anda yang mungkin gak mau capek pusing-pusing mikirin spesifikasi komputer untuk pertama kalinya.




GPU (VGA) NVidia GeForce GTX Series yang di buat 'parallel' menggunakan SLI Bridge

   
    Nah, lalu apa saja yang harus anda pertimbangkan dalam membangun komputer/pc rakitan anda?


1. Need

Inilah unsur terpenting yang harus anda tetapkan sebelum anda memutuskan spesifikasi komputer atau pc rakitan baru yang akan anda bangun! Banyak, tak terhitung jumlah para pengguna yang masih terlalu awam dalam dunia Hardware yang akhirnya tidak puas dan menyesal dengan komputer barunya karena dinilai terlalu jelek, performa tak sesuai ekspektasi, atau mungkin malah terlalu bagus, yang akhirnya kelewat mahal, dan nantinya berimbas di daya listrik yang berlebih, akhirnya, keluar dana lagi.

'Need' maksud saya adalah 'sesuai kebutuhan'. Jika anda memang benar-benar termasuk Enthusiast Gamer, lalu anda memiliki dana lebih soal harga komputer dan penggunaan listrik, maka sah-sah saja jika anda membeli pc rakitan dengan harga yang lambung. Namun sekali lagi, jika anda hanya bermain game untuk mengisi sedikit waktu senggang saja, apalagi dengan game-game mini (mungkin paling banter Counter-Strike, misalkan), jangan pernah mencoba membangun PC rakitan High-End, sangat tidak lucu sekali.

Jadi pertama-tama, sebutkan game-game target anda yang ingin sekali anda mainkan dikemudian hari dengan pc rakitan anda dan waktu pemakaiannya, lalu simpulkan, apakah anda butuh yang tinggi, menengah, atau rendah!




2. Sedikit Pengetahuan Dunia Hardware dan Merakit PC


Click to Buy

ASUS STRIX-GTX960-DC2OC-4GD5

Yang satu ini sebenarnya opsional, namun percayalah, jika anda benar-benar menguasai yang satu ini (mungkin kata 'sedikit' bisa dicoret, haha), Anda TIDAK akan menyesal dikemudian hari (kecuali, mengesampingkan unsur penting lainnya). Dengan pengalaman di bidang ini, anda akan mudah memilah, menerima tawaran, dan mengetahui mana yang akan anda ambil. Sebagai contoh, ada 2 Processor dengan kecepatan sama, namun berbeda merk, biasanya, orang awam akan fanatik dan bilang, "Ah, merk ini lebih bagus, ambil yang ini walaupun mahal". Berbeda dengan yang kompeten soal hardware, ia sebelum membeli suatu perangkat untuk komputernya, biasanya suka ngudek-ngudek Review perangkat tersebut di Internet, lalu membanding-bandingkannya dengan produk lain sejenis dengan harga berbeda. Ini, jika anda memiliki pengalaman dibidang ini, sangat besar kemungkinan pilihan anda tidak akan membuat anda menyesal.

Anda sudah mengenal komputer anda bahkan sebelum anda coba, maksud saya, komputer rakitan baru anda akan menjadi SESUAI ekspektasi anda. Orang awam yang asal pilih, belum coba dan kemungkinan besar nantinya akan keluar dari ekspektasi setelah membelinya. Dan anda pula akan mudah soal upgrade di kemudian hari.

Jadi kesimpulannya, banyak-banyak cari review dan perbandingan mengenai hardware-hardware! Apakah harus Intel? AMD? Atau harus NVidia or AMD Radeon?




3. Budget


Sadar dong sama budget-nya :v jangan berlebihan, kurangin dikit gak apa-apa, tapi kalo ngurangin banyak lagi-lagi namanya becanda :v.

Banyak-banyak cari informasi harga, bisa lewat sini nih http://www.rakitan.com. Namun jangan cari informasi harga spesifikasi dari satu sumber saja, tanya teman yang ahli, group di facebook (awas di-bully), ayah, temen ayah, om tante, atau kalo buyut-nya ahli nge-game, ajak paket malem ke warnet buyut-nya  bisa ditanya. Banyak bertanya kepada narasumber-narasumber yang dapat diraih.

Budget? HA! Udah biasa, biasa banget. Cuma nanggulangin-nya, sangat tidak biasa.




4.  Daya Listrik di rumah


Nah, aneh sih, cuma menurut pengalaman saya, kelewat penting gan. Ente kalo gak nyadar listrik komplek rumah ente gak stabil, terus rendah, eeh malah beli PC rakitan Enthusiast, LAGI-LAGI ENTE BECANDA :v, yang ada baru nyalain listrik rumah ente turun.

Kembali ke formalitas ehm-ehm, Unsur yang satu ini patut dipertimbangkan, komputer sewajarnya diberi stabilizer/stavol apalagi bagi yang listrik komplek rumahnya naik turun (misalnya rumah saya di Cimanggis, Depok). Dan juga daya total dirumah anda. Namun jangan takut, unsur yang satu ini banyak tak di-indahkan dan pula masih jarang terdengar isu listrik rumah turun setiap nyalain komputer baru.


Nah (lagi), sampailah kita ke pembahasan yang paling anda tunggu (jangan-jangan anda langsung scroll kebawah tanpa membaca?), berikut daftar spesifikasi pc rakitan gaming pertengahan 2015



Low ke Mid ke High*


(Low) Maaf seharusnya PSU-nya tidak sebesar 700 W melainkan 450 W, turun harga sekitar 300 rb totalnya menjadi 5 jt.






(Low-Mid) Upper Mobo, Upper GPU/VGA. Bisa main Battlefield 2, 3, dan 4 (set mid).



(Low-Mid) GPU naik satu langkah dari gambar sebelumnya, layar lebih besar, dengan sangsi lower mobo untuk menahan kenaikan harga



(Mid-High) Upper Procie dan Mobo, RAM 8 GB, Upper GPU/VGA. Bisa main WD, BF 3/4 Ultra 1080p, GTA V, Assassins Creed 4 High, AC Unity Low/Mid.



(High) Upper Procie agak jauh dari sebelumnya.



(High) Bedanya sama yang diatas hanya GPU/VGA saja.



(High) Upper GPU/VGA agak jauh dari yang sebelumnya, GTX 760 dan 750Ti jarak performa masih jauh. Sangsinya di PSU, dan Lower Mobo untuk menahan kenaikan harga yang terlalu lambung.



(High) GTX 960 masuk ke jajaran besutan terbaru NVidia dan hemat listrik, jauh lebih hemat dari GTX 760, namun performa lebih mumpuni. Bisa cari di google, "GTX 960 vs GTX 760".



(High) Alternatif dari yang sebelumnya, bedanya hanya Merk VGA saja.



(High-End) Mulai masuk ke High-End dengan Upper Procie, disarankan PSU > 500 W.



(High-End) Upper Procie, I7.



(Enthusiast Gamer) Sudah level atas, Upper RAM Gaming 32 GB. Percayakah anda, spesifikasi yang ini jika anda beli bukan rakitan (brand), harganya bisa mencapai 25 jt lebih?? Apalagi merk seperti Alienware dll. yang menawarkan PC Jadi/Laptop serupa. Harganya melebihi 28 jt. 

Sekian tips dari pengalaman saya, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers